Berlatih Menerjemahkan Lewat Facebook Translations

Facebook telah menjadi salah satu media jejaring sosial terbesar di dunia maya. Facebook di Indonesia pun demikian, menjamur di kalangan masyarakat. Selain sebagai tempat bersosialisasi dengan teman, Facebook juga dipenuhi dengan banyak aplikasi yang bisa di-install oleh penggunanya. Salah satu aplikasi yang menurut saya cukup bagus dan berguna dalam belajar bahasa adalah Facebook Translations.

Aplikasi ini bertujuan untuk menerjemahkan interface atau tampilan Facebook ke berbagai bahasa. Aplikasi ini bersifat kolaboratif, yaitu penerjemahan dilakukan tidak hanya oleh satu orang saja, tetapi kita semua bisa ambil bagian dalam menerjemahkan. Selain kita bisa menerjemahkan, kita juga bisa melakukan vote terhadap hasil terjemahan orang lain, yang bisa bermacam-macam untuk satu frase atau ungkapan, untuk menentukan terjemahan mana yang paling baik. Aplikasi ini juga menyediakan award bagi penerjemah yang rajin atau aktif melakukan penerjemahan.

Kita bisa belajar bahasa Tionghoa lewat aplikasi ini. Selain melatih kemampuan menerjemahkan kita sendiri dengan cara menerjemahkan langsung, kita juga bisa membandingkan ataupun belajar dari hasil terjemahan orang lain. Dari situ kita bisa belajar banyak kosa kata baru ataupun tata bahasa yang tepat.

Silakan mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>