Hanzi–Huruf Han

by admin on October 16, 2009



Hanzi adalah salah satu huruf paling tua di dunia, juga huruf dengan pengguna paling banyak di dunia. Huruf di dalam Hanzi ada banyak, totalnya kira-kira 60000, di antaranya yang sering dipakai kira-kira 6000.

Hanzi memiliki sejarah yang sangat panjang. Saat ini Hanzi paling kuno yang telah ditemukan adalah Jiaguwen yang berumur 3400 tahun lebih. Jiaguwen sudah merupakan tulisan yang matang. Menurut perkiraan para ahli, sejarah Hanzi ada kira-kira 5000 tahun.

Hanzi berasal dari catatan berupa gambar. Sejak zaman dahulu hingga sekarang, bentuk Hanzi mengalami perubahan yang besar, yaitu dari Jiaguwen, Jinwen, Xiaozhuan, Lishu, Kaishu. Hanzi yang dipakai sekarang ini adalah bentuk Kaishu.

Penciptaan Hanzi terdiri dari empat metode utama:

Piktogram: yaitu menggambar bentuk benda. Misalnya: “月”, “羊”.

Ideogram: menambahkan simbol pada huruf piktogram, atau sama sekali menggunakan simbol untuk membentuk huruf. Misalnya: “刃”, di ujung pisau(刀) ditambahkan satu titik, menyatakan mata pisau.

Gabungan ideogram: menggabungkan dua atau lebih simbol, menyatakan arti yang baru. Misalnya: “休”, menggambarkan satu orang bersandar pada pohon, artinya beristirahat.

Gabungan fono-semantik: menggunakan gabungan elemen bunyi dan elemen bentuk. Elemen bentuk, menyatakan arti dan sifat huruf. Elemen bunyi, menyatakan pengucapan huruf. Misalnya: “湖”, elemen bentuknya adalah air, elemen bunyinya adalah hu(胡). Kebanyakan Hanzi dibentuk dari bentukan ini.

Di dalam sejarah, Hanzi pernah dipinjam pakai oleh Korea, Jepang, Vietnam, sehingga mempromosikan hubungan antar negara. Saat ini, rakyat Tiongkok dengan berbagai cara telah memecahkan cara bagaimana memasukkan Hanzi ke dalam komputer untuk kebutuhan olah informasi. Sejarah membuktikan, Hanzi memiliki vitalitas yang kuat.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)



{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

rls][sample-5.jpg]=