Konfusius, Sang Guru Besar

by admin on November 7, 2009



Konfusius/Kong Zi(551 SM – 479 SM), bernama Qiu, memiliki zi(style name) Zhongni. Ia hidup di akhir masa Chunqiu. Ia berasal dari Zouyi, negara Lu(saat ini letaknya ada di tenggara kota Qubu di Shandong). Ia adalah pelopor aliran Konfusianisme(Rujia).

Konfusius adalah pemikir besar. Pertama, ia mencetuskan ide “ren”(kemanusiaan, kebajikan), yakni agar penguasa dapat memperhatikan perasaan rakyatnya, mencintai rakyat, tidak boleh memerah rakyat secara berlebihan. Kedua, ia berpendapat bahwa untuk memerintah rakyat, haruslah menggunakan moral, ia tidak setuju dengan pemerintahan yang kejam.

Konfusius juga adalah guru besar. Di masa itu, hanya para bangsawan yang boleh mendapatkan pendidikan. Konfusius mendorong “you jiao wu lei”(pendidikan tanpa diskriminasi). Ia menerima murid, tanpa memandang mereka adalah bangsawan atau bukan, semua bersama-sama sederajat memperoleh pendidikan. Konfusius mendirikan sekolah privat, mematahkan monopoli pemerintah terhadap pendidikan. Murid yang telah diajar oleh Konfusius berjumlah 3000 orang lebih, di antaranya yang terkenal ada 72 orang. Konfusius berpendirian “yin cai shi jiao”(melaksanakan pengajaran sesuai kondisi murid). Terhadap murid yang berbeda, ia menggunakan pengajaran yang berbeda. Dia mengajar kepada muridnya: belajar sebuah pengetahuan harus sering diulang kembali, “wen gu er zhi xin”(mempelajari kembali hal yang sudah pernah dipelajari, niscaya akan memperoleh hal yang baru); sikap dalam belajar harus jujur, “zhi zhi wei zhi zhi, bu zhi wei bu zhi”(jika tahu katakan tahu, jika tidak tahu katakan tidak tahu); juga mengajarkan untuk menggabungkan belajar dan berpikir.

Akhirnya, para murid Konfusius mencatat pengajarannya, dijadikan sebuah buku “Lun Yu”(The Analects). “Lun Yu” menjadi salah satu buku klasik Konfusianisme. Pengajaran Konfusius menjadi ortodoks di dalam budaya feudal di Tiongkok selama 2000 tahun lebih.

Enam Kitab

Enam kitab adalah enam buku klasik Konfusianisme: “Yi”, “Shi”, “Li”, “Yue”, “Shang Shu”, “Chunqiu”. Buku-buku ini adalah hasil rangkuman dari Konfusius sendiri, merupakan jasa besar Konfusius bagi perkembangan budaya kuno Tiongkok.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)



Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post:

rls][sample-5.jpg]=