Panduan HSK Level II

Panduan HSK Level II

Tentang HSK Level II

Menurut penjelasan dari situs resminya (www.chinesetest.cn), peserta yang lulus HSK Level II memiliki penguasaan bahasa Tionghoa dasar yang baik, dan dapat berkomunikasi dalam tugas-tugas sederhana dan rutin yang membutuhkan pertukaran informasi langsung dan sederhana mengenai hal-hal yang lazim dan rutin.

Untuk Siapa?

HSK Level II diperuntukkan bagi siswa yang telah belajar bahasa Tionghoa selama dua semester (satu tahun akademik), dengan jumlah jam pelajaran 2-3 jam per minggu. Jumlah kata yang harus dikuasai siswa adalah sekitar 300 buah, dan siswa juga diharapkan menguasai pola-pola tata bahasa dasar yang berkaitan.

Dari definisi di atas, Anda sudah dapat memperkirakan, berdasarkan pengalaman studi dan kemampuan Anda saat ini, apakah Anda termasuk dalam target peserta HSK Level II. Apabila Anda merasa lebih mampu, atau sudah punya target level yang lain (persyaratan kuliah atau bekerja, misalnya), Anda dapat langsung abaikan postingan ini, dan silahkan menuju ke postingan selanjutnya untuk level yang lebih tinggi.

HSK Level I dan II dikategorikan sebagai level dasar HSK. Dengan demikian, sifat kedua level ini lebih berupa tes untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa kita saja.

Apa yang Diujikan?

Section
Number of Items
Duration (Min)
I. Listening
Part I
10
35
About 25
Part II
10
Part III
10
Part IV
5
Filling out the answer sheet(Mark your answers for listening comprehension on Answer Sheet)
3
II. Reading
Part I
5
25
22
Part II
5
Part III
5
Part IV
10
Total
/
60
About 50

Bagian Listening

Konten ujian dapat dilihat pada tabel di atas. Dapat kita lihat bahwa HSK Level II hanya terdiri dari dua bagian saja, listening dan reading, masing-masing terdiri dari 35 dan 25 soal. Bentuk soal adalah true or false, serta pilihan ganda.

Bagian listening terdiri dari empat bagian. Semua soal akan dibacakan dua kali.

Bagian pertama terdiri dari 10 soal. Tiap soal terdiri dari sebuah kalimat dan gambar. Peserta harus menentukan apakah kalimat yang didengar itu sesuai dengan gambar yang disajikan.

Bagian kedua terdiri dari 10 soal. Tiap soal terdiri dari sebuah dialog dan beberapa gambar. Peserta harus menentukan gambar yang sesuai dengan apa yang mereka dengar.

Bagian ketiga terdiri dari 10 soal. Tiap soal terdiri dari sebuah dialog, dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai dialog tersebut. Peserta memilih jawaban yang tepat.

Bagian keempat terdiri dari 5 soal. Tiap soal terdiri dari sebuah dialog yang terdiri dari 4-5 kalimat, dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai dialog tersebut. Peserta memilih jawaban yang tepat.

Bagian Reading

Bagian pertama terdiri dari 5 soal. Disediakan beberapa gambar. Tiap soal terdiri dari satu kalimat. Peserta harus memilih gambar yang sesuai dengan kalimat tersebut.

Bagian kedua terdiri dari 5 soal. Tiap soal terdiri dari satu hingga dua kalimat dengan satu kata yang dihilangkan. Peserta memilih jawaban yang tepat untuk mengisi kata tersebut.

Bagian ketiga terdiri dari 5 soal. Tiap soal terdiri dari dua kalimat. Peserta harus menentukan apakah kalimat kedua sesuai dengan kalimat pertama.

Bagian keempat terdiri dari 10 soal. Disediakan 20 kalimat. Peserta mencari hubungan antara kalimat-kalimat tersebut (menjodohkan).

Nilai dan Batas Kelulusan

Nilai maksimal untuk masing-masing bagian adalah 100. Dengan demikian nilai total bila peserta menjawab semua soal dengan benar adalah 200. Batas kelulusan untuk HSK Level II adalah 120.

Hal yang perlu diketahui adalah, berapa pun nilai Anda, asalkan lebih dari nol, Anda akan tetap mendapatkan rapor nilai. Jadi HSK sekarang tidak menggunakan sistem ijazah, tapi menggunakan rapor nilai saja. Sehingga apabila nilai Anda di bawah batas kelulusan, jangan sampai tidak mengambil rapor nilai Anda. Karena bisa saja rapor nilai tersebut masih berguna, terutama di level-level yang lebih tinggi, karena dapat dianggap setara dengan level di bawahnya.

Tips dan Trik

  1. Persiapkan diri dengan mengerjakan soal latihan HSK Level II sebanyak-banyaknya. Contoh soal dapat didownload di http://www.chinesetest.cn/godownload.do
  2. Kerjakan latihan dengan mengikuti waktu ujian yang sebenarnya.
  3. Salah satu peraturan ujian adalah peserta tidak diperkenankan mengerjakan bagian yang tidak sesuai dengan waktunya. Misalnya, mengerjakan bagian listening pada saat bagian reading sudah dimulai. Jadi ikutilah peraturan ini saat mengerjakan latihan.
  4. Jawaban-jawaban Anda yang masih salah perlu mendapatkan perhatian lebih. Silahkan pelajari lagi soal-soal tersebut.
  5. Jangan mengosongi jawaban. Berdasarkan aturan sistem penilaian yang terdapat di situs resminya, tidak ada pengurangan nilai terhadap jawaban yang salah.
  6. Selain contoh-contoh soal di situs resmi HSK, Anda juga dapat membeli buku-buku latihan secara online. Misalnya di www.amazon.cn. Buku pelajaran HSK Level II yang resmi dari Hanban adalah buku ini.
  7. Ada orang yang mempelajari daftar vocabulary untuk masing-masing level. Kami tidak menentang cara ini, tetapi kami rasa tidak perlu sampai harus menghapalkan masing-masing kata di sana. Silahkan belajar secara normal saja, dengan materi ajar bahasa Tionghoa yang umumnya Anda gunakan.
  8. Pada hari ujian, pastikan tidak terlambat tiba di tempat ujian. Datanglah paling tidak setengah jam lebih awal. Pastikan Anda membawa admission ticket, kartu identitas asli (KTP atau paspor), pensil 2B dan penghapus, dan bersepatu.
  9. Soal HSK Level I dan II mengandung ejaan pinyin untuk masing-masing Hanzi.
  10. Bagian tersulit untuk HSK Level II adalah Reading bagian IV. Perhatikan bahwa hubungan antara masing-masing kalimat kadang tidak terlalu jelas. Anda harus membaca berulang-ulang dan kerjakan mulai dari kalimat-kalimat yang hubungannya sudah jelas. Dari situ Anda bisa mengeliminasi pilihan yang sudah digunakan, untuk mempermudah mencari pilihan selanjutnya.
  11. Pada bagian Listening, manfaatkan waktu jeda sebelum rekaman soal berbunyi, untuk membaca sekilas pilihan jawaban yang disediakan. Dengan demikian Anda sudah punya gambaran kira-kira tema soal, dan hal apa yang harus diperhatikan dari suara rekaman.
There is 1 comment for this article
  1. Pingback: Panduan HSK Level 4 | Belajar Seputar Budaya Tionghoa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *