Kitab Militer Pertama di Dunia – Strategi Militer Sun Zi(Sun Zi Bing Fa)

Sun Zi Bing Fa(Strategi Militer Sun Zi), juga disebut Sun Zi, adalah kitab militer kuno Tiongkok yang terkenal, juga merupakan kitab militer paling tua di dunia yang masih tersimpan hingga sekarang. Penulisnya adalah ahli militer di masa akhir Chunqiu, yaitu Sun Wu. Sun Wu berasal dari negara Qi, belakangan ia pindah ke negara Wu. Waktu itu, setiap negara bagian demi memperebutkan wilayah kekuasaan, tak henti-hentinya berperang, sehingga kondisi saat itu sangat tidak aman dan penuh gejolak. Sun Wu ketika tinggal di negara Wu, melihat peperangan di tiap negara, sehingga menarik dirinya untuk mempelajari dan menyimpulkan aturan-aturan dalam peperangan. Melalui kerja kerasnya, akhirnya ia berhasil menyelesaikan kitab militer ini.

Sun Wu mempersembahkan kitab militer ini kepada raja Wu. Raja Wu memerintahkan Sun Wu menjadi jenderal besar, melatih tentara negara Wu. Ia menerapkan aturan yang ketat, melatih dengan tekun, sehingga di bawah kepemimpinannya, negara Wu menjadi negara besar dalam bidang militer di masa Chunqiu.

Sun Zi Bing Fa terdiri dari 13 bab, semuanya ada 6000 lebih huruf. Di dalam tulisan yang pendek ini, Sun Wu secara menyeluruh menjelaskan pandangan mengenai peperangan. Ia menekankan bahwa di dalam perang haruslah menyelidiki dengan jelas kondisi pihak sendiri dan pihak lawan, ini dinyatakan dengan kalimat “zhi bi zhi ji, bai zhan bu dai“(mengenali musuh, mengenali diri sendiri, berperang berapa kali pun tidak akan kalah), juga “gong qi wu bei, chu qi bu yi“(menyerang saat musuh tidak siap, bertindak saat musuh tidak menyadari), juga menekankan berkonsentrasi kepada tentara yang lebih kuat untuk mengalahkan musuh, dan lain-lain. Sun Wu sangat menekankan “fei wei bu zhan“(jika bukan masa darurat, jangan memulai peperangan), karena peperangan itu sangat merugikan rakyat. Ahli militer di masa Zhanguo, Sun Bin, lebih muda 100 tahun dari Sun Wu, Ia mewarisi pemikiran militer Sun Wu, menulis kitab Sun Bin Bing Fa(kitab militer Sun Bin).

Sun Zi Bing Fa telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Jerman, Rusia, Ceko dan lain-lain. Buku ini meski membicarakan aturan perang, namun juga memberikan inspirasi bagi bisnis dan bidang yang lain, sehingga ia memiliki reputasi yang tinggi di dunia.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *