Lagu Tema Imlek – Hui Jia de Lu (Perjalanan Pulang) – Andy Lau

Tahun Baru Imlek sejatinya merupakan hari untuk berkumpul bersama keluarga. Dalam hal ini, mirip dengan Idul Fitri di Indonesia, di mana para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman, atau yang lebih dikenal dengan istilah mudik. Di Tiongkok, mudik menjelang Tahun Baru Imlek disebut dengan 春运 (chunyun). Karena Tiongkok berpenduduk terbanyak di dunia, maka mudik mereka ini sekaligus juga terbesar di dunia. Tercatat pada tahun 2016, sejumlah 2,9 milyar orang-perjalanan terlibat di dalamnya.

Di Indonesia, tidak terjadi fenomena seperti ini. Nuansa ‘pulang’ ke rumah juga tidak terlalu terasa, walaupun tidak sedikit para perantau yang pulang ke kampung halaman untuk berkumpul melaksanakan makan malam bersama. Bila selama ini kita lebih sering mendengar hingar bingar lagu Imlek seperti gongxi facai dan sebagainya, kali ini kami akan memperkenalkan sebuah lagu yang bertemakan ‘pulang’, mencerminkan kerinduan akan kampung halaman, dan kehangatan sebuah tempat yang dinamakan ‘rumah’.

Lagu ini dinyanyikan oleh Andy Lau, rilis sekitar tahun 2015, dan dinyanyikan langsung pada Chinese New Year’s Gala di Beijing pada tahun tersebut. Lirik lagu ditulis sendiri oleh Andy Lau. Dan meski kata-katanya sederhana, namun memiliki arti yang cukup mendalam. Kita dapat menggunakan teks lagu ini sebagai salah satu sarana belajar bahasa Tionghoa, dengan mempelajari berbagai kosa kata yang mungkin baru bagi kita.

Lirik lagu dan terjemahannya dapat Anda simak di situs berikut ini: http://lyricstranslate.com/en/%E5%9B%9E%E5%AE%B6%E7%9A%84%E8%B7%AF-hui-jia-de-lu-way-hhgome.html

Bila Anda memerlukan pinyinnya, sila kunjungi tautan ini: http://www.chineselyrics4u.com/2015/03/hui-jia-de-lu-andy-lau.html

Yuk, kita belajar sambil menyanyi bersama-sama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *