Sumpit—Salah Satu Kehebatan Budaya Tionghoa

Sumpit adalah peralatan makan yang diciptakan oleh orang Tionghoa. Sumpit digunakan untuk menjepit makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Sumpit kebanyakan terbuat dari bambu, namun belakangan juga dibuat dari berbagai macam bahan, seperti: emas, gading, plastik dan lain-lain.

Sumpit merupakan karya ilmiah besar yang patut dibanggakan di dalam sejarah peradaban manusia. Orang Tiongkok di masa Chunqiu dan Zhanguo sudah menggunakan sumpit. Dua batang yang kelihatannya simpel ini, telah dengan pintarnya menerapkan teori keseimbangan di dalam ilmu fisika. Sumpit merupakan perpanjangan jari tangan manusia. Sumpit tidak takut makanan yang panas, makanan beku, sungguh adalah ciptaan yang hebat.

Orang Barat kira-kira abad ke-16 dan 17 baru menciptakan pisau dan garpu. Namun pisau dan garpu bisakah disamakan dengan sumpit? Saat kita menggunakan sumpit, ada 80 lebih sendi dan 50 buah otot yang sedang bergerak, sekaligus berhubungan dengan sistem saraf. Maka, makan menggunakan sumpit dapat melatih kelincahan tangan, serta kemampuan otak.

(Dari Baidu Baike)

There are 3 comments for this article
    • Budi at 8:37 pm

      Justru bisa…. kuah panas ya langsung diminum saja, tidak perlu pake sumpit. Yang perlu dipertanyakan itu seharusnya kenapa minum kuah panas mesti menggunakan sendok? Padahal tanpa apa pun bisa, ya diminum itu tadi. πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *