Tentang “Timur Selatan Barat Utara”(东南西北/dong nan xi bei)

Dong nan xi bei“(timur selatan barat utara) di dalam bahasa Tionghoa sangatlah menarik. “东”(dong)(huruf tradisionalnya adalah “東”), dilihat bentuk hurufnya, adalah “日” di tengah-tengah “木”, yaitu matahari muncul dari antara lebatnya hutan. “南”(nan) bentuk luarnya adalah huruf “木” yang telah berubah bentuk, bagian dalamnya di zaman kuno berarti arah, yaitu arah menghadapnya bunga. Kita tahu, tumbuhan menghadap ke arah matahari. Di dalam satu hari di Tiongkok, matahari terutama berada di selatan. “西”(xi) arti asalnya adalah tempat burung bertengger, kemudian artinya berubah menjadi burung masuk ke sarang. Ini tentu di kala matahari terbenam di barat. “北”(bei) menggambarkan dua orang yang sedang duduk membelakangi. Di zaman kuno, tempat duduk resmi selalu di utara dan menghadap ke selatan. Maka orang yang duduk membelakangi, otomatis menghadap utara.

Di dalam tulisan Tionghoa, dong xi nan bei dimulai dengan matahari terbit di timur, diakhiri dengan duduk menghadap utara. Selain itu, garis bujur yang berderet timur barat dinamakan “经”(jing), garis lintang yang berderet selatan utara dinamakan “纬”. “经” arti asalnya adalah sistem peredaran darah tubuh manusia, merupakan jalan utama lewatnya darah, maka “经纬” diawali dengan huruf “经” terlebih dahulu. Hal ini berpengaruh pada saat membicarakan arah, orang kemudian terbiasa berkata “东西”(dong xi), “东北” (dong bei/timur laut), “西南”(xi nan/barat daya), “西北”(xi bei/barat laut) serta “东西南北”(dong xi nan bei).

Bahasa Inggris adalah sebaliknya, untuk menyatakan arah selain arah utama, menyebutkan utara selatan terlebih dulu baru timur barat. Seperti: “southeast”, “northeast”, “southwest”, “northwest”.

Hal yang sama antara Tiongkok dan Barat adalah, Asia bagian timur merupakan awal “timur”. Misalnya dari Hong Kong terbang ke timur, menyebut Jepang dengan “Samudera Timur”, terbang ke Amerika yang lebih timur lagi, yang disebut sebagai “barat”. Penyebutan di luar negeri juga serupa, mereka menggunakan Eropa sebagai patokan, menyebut diri sebagai “barat”. Daerah sebelah timur yang agak dekat disebut dengan “timur dekat”(near east), daerah sebelah timur yang agak jauh disebut “timur tengah”(middle east), daerah yang paling jauh yaitu Tiongkok, Jepang, Korea dan tepi Pasifik di Rusia disebut dengan “timur jauh”(far east).

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.