Belajar Bahasa Menggunakan Flashcard

Dari situs yang saya ulas secara singkat sebelumnya, yaitu How To Learn Any Language, saya menemukan satu artikel menarik tentang penggunaan flashcard untuk belajar bahasa asing.

Flashcard adalah kartu yang di sisi depannya ditulis sebuah kata dalam bahasa asing yang hendak kita hapalkan, kemudian di sisi baliknya ditulis arti dari kata tersebut.

Penggunaan flashcard sangat mudah. Begitu anda menemui kosa kata baru yang hendak dihapalkan, tinggal ditulis saja di flashcard kosong yang sudah anda sediakan, beserta pula artinya. Kemudian tiap kali anda mempunyai waktu luang, ambillah setumpuk flashcard yang sudah ditulisi, kemudian berusahalah menebak arti kata asing tersebut. Jika anda berhasil, pindahkan kartu itu ke tumpukan lain. Lalu dengan tumpukan kedua ini, anda bisa membaliknya(melihat artinya dulu kemudian menebak kata asingnya). Kata-kata yang berhasil anda tebak anda pindahkan ke tumpukan ketiga. Setelah seminggu, anda bisa mengambil tumpukan ketiga ini dan mengulangi lagi latihan di atas, hingga anda benar-benar hapal.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah anda bisa belajar kapan pun dan di mana pun, selama anda membawa kartu/kertas anda.

Jika anda tidak mau membuang-buang kertas, anda bisa juga memanfaatkan software flashcard yang gratisan, misalnya Anki. Prinsip kerjanya juga sama dengan flashcard tradisional, plus tambahan fitur seperti statistik dan sebagainya.

Ada yang sudah mencoba metode ini, atau punya referensi software flashcard yang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published.