Apakah “Lidong / 立冬” itu?

Apakah “Lidong / 立冬” itu?

Lidong(立冬, awal musim dingin) adalah sebuah titik musim yang jatuh pada tanggal 7 atau 8 November tiap tahunnya. Dalam tradisi kuno di Tiongkok, li dong menandai awal musim dingin. Buku Yue Ling Qishi’er Hou Jijie mengatakan, “Li, adalah awal,” serta “Dong, akhir, semua makhluk mengumpulkan.” Sebenarnya, di wilayah Tiongkok yang sangat luas itu, selain daerah selatan dan pesisir yang tidak ada musim dingin, serta daerah dataran tinggi Tibet yang selalu musim dingin, awal musim dingin tidak semuanya bermula saat lidong. Standar pembagian empat musim menurut klimatologi adalah, suhu rata-rata paruh kedua tahun menurun hingga di bawah 10℃ adalah musim dingin, sedangkan lidong sebagai awal musim dingin, adalah sesuai dengan kondisi daerah Huanghuai (Shandong, Henan, Anhui, Jiangsu). Daerah paling utara Tiongkok, yakni sebelah utara Mohe dan pegunungan Hinggan, sudah memasuki musim dingin sejak awal September. Beijing juga mulai memasuki musim dingin pada akhir bulan Oktober. Sedangkan daerah Changjiang harus menunggu hingga titik xiao xue barulah benar-benar masuk musim dingin.

Pada zaman kuno, lidong dibagi menjadi tiga masa: “masa pertama air mulai membeku; masa kedua tanah mulai mengeras; masa ketiga burung masuk ke dalam air dan menjadi kerang”. Maksudnya adalah pada titik ini air telah mulai menjadi es, tanah telah mulai membeku mengeras, “burung masuk ke dalam air dan menjadi kerang” maksudnya adalah burung liar sudah jarang ditemui, sedangkan di tepi laut bermunculan kerang yang corak kulitnya seperti warna burung liar tersebut. Sehingga orang kuno mengira burung telah menjadi kerang.

Untuk memahami lidong, kita tidak bisa hanya terpaku pada makna dari permulaan musim dingin. Bila ditelusuri lebih jauh, pemahaman orang kuno terhadap “li” sama dengan pemahaman orang modern, yakni berdiri, mulai. Namun “dong” tidaklah sesederhana itu. Dalam buku kuno Yue Ling Qishi’er Hou Jijie, “dong” berarti, “dong, akhir, semua makhluk mengumpulkan.” Artinya adalah saat musim gugur tanaman telah selesai dipanen dan dikeringkan, disimpan dalam gudang. Binatang juga telah bersembunyi untuk bersiap hibernasi di musim dingin. Maka, lidong tidak hanya mewakili kedatangan musim dingin. Secara lengkap bisa kita simpulkan, lidong berarti awal musim dingin, semua makhluk mengumpulkan dan bersembunyi, untuk menghindari dinginnya musim dingin.

Saat lidong, matahari telah mencapai bujur 225°, belahan bumi bagian utara semakin lama semakin kekurangan sinar matahari. Dikarenakan saat itu panas yang tersimpan di permukaan bumi masih tersisa, maka biasanya suhu udara masih belum terlalu dingin. Saat cuaca cerah tanpa angin, kadang masih terasa hangatnya cuaca seakan musim semi. Ini tidak hanya sangat nyaman, namun juga sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Namun saat ini udara dingin di utara juga telah cukup kuat, seringkali turun ke selatan, kadang menimbulkan angin besar, suhu dingin serta turun salju. Dari kondisi rata-rata bertahun-tahun, November rata-rata menjadi bulan awal musim dingin. Menurunnya suhu secara drastis, terutama perubahan suhu dingin dan panas yang besar, merugikan kehidupan dan kesehatan manusia serta produksi pertanian. Memperhatikan prakiraan cuaca, mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca, merupakan hal yang sangat penting.

(Diterjemahkan dari Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.