Periode Zhenguan yang Sentosa

Periode Zhenguan yang Sentosa

Periode ketika Kaisar Taizong Li Shimin pada dinasti Tang bertahta dinamakan Zhenguan. Periode Zhenguan adalah tahun 627 – 649 M. Kaisar Taizong menyerap pelajaran dari musnahnya dinasti Sui, sehingga ia memerintah negara dengan hati-hati, menjalankan banyak kebijakan yang menguntungkan negara dan rakyat, maka kekuasaan Tang sangatlah kuat. Ekonomi rakyat dipulihkan dan berkembang, sehingga terciptalah masyarakat yang aman sentosa. Sejarawan menyebut periode ini sebagai “Periode Zhenguan yang Sentosa”.

Kaisar Taizong tahu bahwa agar politik menjadi transparan, haruslah baik-baik menggunakan orang, serta menerima banyak kritikan. Maka setiap orang yang bertalenta, tak peduli ia kaum bangsawan maupun rakyat jelata, dapat menjadi pejabat. Wei Zheng berani mengkritik kaisar Taizong, meski membuat kaisar marah, ia tetap tidak mundur. Saat Wei Zheng meninggal, kaisar Taizong menangis sedih dan berkata, “Membuat cermin dari tembaga, dapat merapikan pakaian; membuat cermin dari sejarah, dapat memahami jatuh dan bangkit; membuat cermin dari manusia, dapat memahami benar dan salah. Wei Zheng telah meninggal, aku kehilangan sebuah cermin.”

Kaisar Taizong menjalankan banyak kebijakan, misalnya menggabungkan propinsi, menghemat pengeluaran; memberikan tanah kepada para petani; mengurangi beban kerja, membuat produksi petani lebih terjamin. Kebijakan-kebijakan ini sangat diterima rakyat. Kaisar Taizong mengutip ucapan orang kuno, yakni kaisar adalah perahu, rakyat adalah air; air dapat mengangkut perahu, juga dapat menenggelamkannya.

Kaisar Taizong menggunakan kebijakan etnis yang cukup terbuka, sehingga sangat disukai rakyat. Etnis-etnis di utara menyebutnya sebagai “Khan Agung”. Kaisar Taizong juga mempersembahkan putri Wencheng kepada raja Tubo, supaya etnis Han dan etnis Tibet memiliki persahabatan yang lebih erat, dan dengan demikian meneguhkan persatuan antar etnis di Tiongkok.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.