Boxue – Terpelajar dalam Banyak Hal

Istilah boxue berarti memiliki pengetahuan yang luas. Bo = luas dan kaya, sedangkan xue = belajar. Orang Tiongkok zaman dulu menganggap seseorang yang terpelajar adalah orang yang benar-benar memiliki pengetahuan yang luas. Ini tentunya berbeda dengan zaman kita sekarang, yang menuntut sarjana kita memiliki keahlian atau menguasai bidang keilmuan yang spesifik. Namun setidaknya patut kita renungkan tentang istilah boxue ini. Boxue memiliki semangat di belakangnya yang mungkin layak kita tiru.

Boxue berarti mempunyai hati yang lapang, mau mempelajari segala sesuatu. Kita seringkali malas dan enggan belajar hal baru, apalagi hal yang tidak kita sukai. Padahal hal yang tidak kita sukai itu kadang dapat membantu kita. Jadi sebaiknya kita tetap bersemangat untuk terus belajar hal-hal baru, hal-hal lama, hal-hal yang sama sekali bukan ‘bidang’ kita. Niscaya kita akan mampu melihat dunia ini dengan ‘kacamata’ yang lebih jernih.

Boxue juga berarti semangat yang tidak menyerah, mau bertahan. Tanpa ketekunan, tidak mungkin kita dapat mengerti banyak hal.

Boxue juga mengandung semangat rendah hati. Selalu merasa diri kurang, selalu ingin menambah pengetahuan, selalu ingin maju.

Jadi bagaimana? Yuk kita sama-sama terus belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.