Tips Beli Buku (ebook) di Amazon China

Tips Beli Buku (ebook) di Amazon China

Untuk mempelajari bahasa dan budaya Tionghoa, kita perlu membaca banyak buku (dalam bahasa Tionghoa tentunya). Sayangnya, belum banyak toko yang menjual buku-buku berbahasa Tionghoa di Indonesia. Salah satu solusi adalah membeli via online. Salah satu situs langganan saya adalah amazon.cn (Amazon China). Situs ini melayani pembelian menggunakan kartu kredit, dan proses pengirimannya tergolong cepat (umumnya tidak sampai satu minggu buku yang kita pesan sudah bisa kita terima). Namun ada satu kelemahannya, yakni ongkos kirim yang sangat mahal, hingga beberapa kali lipat harga bukunya sendiri (harga buku terbitan Tiongkok memang terkenal murah).

Nah, untuk mengatasi mahalnya ongkos ini, kita bisa mencoba membeli ebook nya, yang harganya lebih murah dari buku cetak, dan tentunya tidak memerlukan ongkos kirim, karena buku tersebut dapat kita unduh langsung ke gawai atau komputer kita. Karena lewat amazon, maka ebook di sini adalah ebook yang dibaca lewat kindle. Memang masih menjadi perdebatan, mana yang lebih baik, membaca buku cetak dalam bentuk kertas, atau membaca buku digital. Tapi dalam pembahasan ini, fokus kita adalah dalam rangka mengurangi biaya, dan mempermudah akses ke buku-buku Tionghoa, maka saya menganjurkan membaca buku digital.

Langkah-langkah membeli ebook kindle lewat amazon.cn adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun baru di amazon.cn
  2. Isi data alamat dengan alamat Tiongkok (silakan pakai saja alamat kantor atau perusahaan tertentu yang bisa Anda cari di google). Ini karena ada ketentuan pembelian ebook hanya bisa dilakukan di negara Tiongkok.
  3. Data email dan nomor telepon silakan pakai saja data yang benar, karena akan ada proses verifikasi.
  4. Masukkan data kartu kredit
  5. Bila semua sudah OK, Anda dapat langsung membeli ebook di amazon.cn

Mudah bukan? Kuncinya adalah mengisikan alamat negara domisili dengan alamat Tiongkok. Itu saja.

Kabar baiknya lagi, Amazon China juga memiliki fasilitas kindle unlimited, yakni berlangganan untuk meminjam buku. Harganya cukup murah, hanya 12 rmb per bulan (kira-kira Rp 25.000). Anda dapat meminjam maksimal 10 buku dalam waktu yang bersamaan. Buku yang dapat dipinjam berkisar 60.000 buah buku yang tersedia di kindle store Amazon China. Saya sudah mencoba fasilitas ini, dan sukses berlangganan.

Oh ya, bagi Anda yang belum paham dengan kindle, untuk membaca ebook kindle Anda dapat mengunduh aplikasi kindle di PC maupun di ponsel (iOS maupun Android). Tentu Anda juga bisa membeli alat bacanya (e-reader) langsung.

Silakan dicoba.

 Photo on Visualhunt

Leave a Reply

Your email address will not be published.