A Bite of China – Dokumenter Terbaik tentang Masakan Chinese

舌尖上的中国 (she jian shang de Zhongguo) / A Bite of China, merupakan film seri dokumenter yang menyajikan hal-hal tentang masakan Chinese. Serial ini sangat digemari dan mendapatkan banyak pujian. Season 1 tayang pada tahun 2012, sebanyak 7 episode. Karena begitu disukai, dibuatlah satu season lanjutannya pada tahun 2014, juga sebanyak 7 episode. Kini, bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2018, A Bite of China kembali tayang untuk seasonnya yang ketiga, dengan total 8 episode. Anda dapat menyimak trailernya di atas. Serial ini memang memiliki production value yang tinggi, dengan sinematografi dan penceritaan yang sangat baik.

Masakan Chinese merupakan salah satu bentuk budaya Tionghoa yang sangat khas dan terkenal. Ia ada di berbagai pelosok dunia, dan merupakan salah satu jenis masakan yang paling disukai. Dengan ragam bahan, bumbu, cara pengolahan yang sangat kaya, ditambah dengan sejarahnya yang ribuan tahun, masakan Chinese merupakan salah satu artifak budaya yang penting untuk menggali makna falsafah Tionghoa. Salah satu contoh adalah penggunaan sumpit sebagai alat makannya. Dan tentu masih banyak lagi yang lain.

Bagi Anda yang belajar bahasa Tionghoa, sangat dianjurkan untuk menonton serial ini. Selain untuk melatih pendengaran, mempelajari berbagai kosa kata baru yang berhubungan dengan makanan, juga untuk mengenal lebih dalam kekayaan budaya Tionghoa.

Dalam budaya Tionghoa terdapat satu ungkapan yakni 民以食为天 (min yi shi wei tian), yang kurang lebih artinya adalah: “bagi rakyat, makanan adalah surga”. Menurut Prof. Yi Zhongtian dalam salah satu bukunya, falsafah ini merupakan salah satu inti budaya Tionghoa. Dan memang dalam kalangan Tionghoa, banyak urusan yang dibahas sambil makan. Makan bersama mempunyai makna budaya yang kental. Erat kaitannya pula dengan kehidupan masyarakat Tionghoa zaman dahulu yang mengandalkan pertanian. Intinya, tidak akan habis-habis kita membahas budaya makan ini.

Mari kita nantikan season ketiga dari A Bite of China, sambil menyongsong Tahun Baru Imlek!

Leave a Reply

Your email address will not be published.