Mendengar Yi Zhongtian Membahas San Guo(Three Kingdoms)

San Guo(Three Kingdoms) atau di Indonesia mungkin lebih dikenal dengan dialek Fujian-nya yaitu Sam Kok, adalah suatu masa di dalam sejarah Tiongkok yang sangat terkenal. Di masa ini, begitu banyak tokoh ternama, orang-orang yang hebat bermunculan. Berbagai konflik, intrik dan strategi yang berkecamuk di dalamnya juga sangat menarik untuk disimak. Tidaklah heran jika masa ini kemudian dijadikan sebuah novel, yaitu San Guo Yanyi(Romance of The Three Kingdoms). Berbagai komik, games, dan film pun dibuat dengan berdasarkan kisah-kisah di masa ini.

Profesor Yi Zhongtian adalah seorang profesor di Xiamen University, yang cukup terkenal karena telah membawakan serial di dalam acara Lecture Room(Bai Jia Jiangtan) di CCTV khususnya tentang San Guo. Serial ini sangat populer dan cukup panjang, dan setelah saya menontonnya sebagian, memang sangat menarik khususnya bagi kita yang sudah pernah mengenal kisah San Guo.

Oleh karena itu, sembari saya menonton serial Profesor Yi membahas San Guo, saya akan mencoba membuat sebuah proyek tersendiri di dalam blog ini, yaitu menulis kesan-kesan setelah menonton analisa Profesor Yi tersebut. Mungkin juga bisa membantu para pembaca yang suka dengan kisah San Guo namun tidak bisa berbahasa Tionghoa(jadi belajarlah!), untuk menemukan berbagai hal baru berkaitan dengan kisah ini.

Maka silakan menunggu tulisan saya tentang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.