Tips Menghadapi HSK Home Edition

Tips Menghadapi HSK Home Edition

Meskipun pandemi sudah mereda, dan mulai ada rencana untuk kembali mengadakan HSK secara tatap muka fisik, namun dalam waktu dekat ini masih ada ujian HSK Home Edition yang akan diadakan. Dari pengalaman kurang lebih dua tahun mengadakan HSK Home Edition, saya merangkum beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh peserta yang akan mengikuti HSK Home Edition berikutnya.

1. Install dan Coba ExamClient jauh-jauh hari sebelum ujian!

Hal ini masih sering tidak dilakukan oleh peserta, bahkan meskipun sudah diadakan simulasi terpusat pada beberapa ujian terakhir. Biasanya ini sering terjadi pada peserta yang ikut ujian bukan atas kemauan mereka sendiri, sehingga mereka tidak menganggap penting ujian ini. ExamClient untuk ujian HARUS SUDAH dipasang di komputer masing-masing dan HARUS SUDAH DICOBA jauh-jauh hari sebelum ujian. Ini poin yang paling penting dari keseluruhan HSK Home Edition. Bila poin ini tidak Anda lakukan, pada waktu ujian nanti Anda akan sangat-sangat terganggu. Coba kerjakan semua soal sampai selesai. Bila ada masalah, akan dapat diantisipasi jauh hari.

2. Segera Hubungi Panitia setelah Anda Daftar di Web

Biasanya ada cukup banyak peserta yang langsung daftar di web www.chinesetest.cn tanpa mengetahui lebih dulu bagaimana HSK Home Edition dilaksanakan. Masalahnya, setelah Anda mendaftar, akan muncul tulisan yang kira-kira mengatakan akan ada email konfirmasi yang dikirim. Kalau Anda menunggu email ini, Anda akan kehilangan banyak waktu. Jangan menunggu. Sistem TIDAK mengirim email konfirmasi secara otomatis. Hubungi panitia langsung setelah Anda mendaftar, untuk mendapatkan informasi mengenai ExamClient, pembayaran, dan sebagainya.

Catatan: Bila Anda sudah paham tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti HSK Home Edition, Anda dapat langsung mengikuti langkah-langkah dari panitia. Sekali lagi, jangan terus menunggu email konfirmasi. Itu tidak ada.

3. Jangan Coba-coba Mencontek

Jangan menganggap bahwa ini ujian di rumah, tidak ada pengawas yang mengawasi langsung, maka Anda dapat mencontek seenaknya. Jangan. Jangan sekali-kali mencontek atau berpikir untuk mencontek. Akibatnya akan fatal.

4. Persiapkan Ruangan dengan Baik

Ruang untuk ujian harus tertutup, tenang dan bersih dari benda-benda yang tidak boleh ada di waktu ujian. Jangan sampai ada orang yang keluar masuk ruang itu. Persiapkan letak handphone dengan baik sesuai instruksi. Kalau Anda meletakkan handphone sembarangan dan segampangnya, Anda akan kehilangan banyak waktu karena harus mengatur posisi handphone waktu ujian.

5. Persiapkan Perangkat dengan Baik

Komputer dan handphone harus memiliki listrik yang cukup hingga ujian selesai. Siapkan charger atau power bank atau apapun juga, asalkan komputer dan handphone dapat terus menyala hingga ujian selesai. Webcam komputer serta kamera handphone juga harus menyala sampai ujian selesai. Periksa hal ini terlebih dulu. Pastikan handphone Anda kuat untuk menjalankan Zoom dengan kamera selalu on selama kurang lebih 2-3 jam.

6. Sekali lagi, Coba ExamClient dan Kerjakan Sampai Selesai Jauh Hari Sebelum Ujian

Masih banyak peserta yang ketika sampai bagian reading atau writing tertentu, tidak tahu bagaimana mengerjakannya. Misalnya soal menyusun kalimat yang harus didrag ke baris tengah, atau bagaimana mengubah input method menjadi Chinese, dan sebagainya. Anda HARUS SUDAH MENCOBA MENGERJAKAN hingga selesai, agar masalah-masalah tersebut dapat diantisipasi dan Anda tidak kehilangan banyak waktu waktu ujian nanti.

7. Tekan Alt+F4 untuk Keluar dari ExamClient

Untuk keluar dari ExamClient, tekan alt+F4. Jika tidak berhasil, tekan alt+fn+F4. Bila setelah Anda keluar dari ExamClient koneksi internet Anda terblokir, maka buka kembali ExamClient, lalu keluar dengan menekan tombol alt+F4 atau alt+fn+F4. Koneksi internet Anda akan normal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.