Bentuk Hanzi dan Bangunan Kuno

Bentuk Hanzi dan Bangunan Kuno

Dari berbagai bentuk huruf yang berhubungan dengan bangunan di dalam Jiaguwen, dapat diketahui struktur bangunan di Tiongkok zaman dulu, serta perkembangannya.

Huruf Jiaguwen 高 (gao). Dari bentuk hurufnya, dapat ditelusuri di dinasti Shang telah ada sejenis bangunan yang dibangun di atas platform tanah. Bagian bawahnya merupakan sebuah ruang bawah tanah yang digali di dalam platformBagian atasnya dapat dianggap sebagai sebuah bangunan beratap dan berdinding. Dinding merupakan sebuah penemuan yang luar biasa di Tiongkok purba. Ruang interior yang didapat dari dinding yang mengelilingi, jauh lebih tinggi daripada ruang interior yang hanya menggunakan atap.

Huruf Jiaguwen 享 (xiang). Dari analisis elemen penyusun hurufnya, ini juga merupakan bangunan di atas platform tanah. Namun, platform ini bukanlah fondasi bangunan, melainkan harus dianggap sebagai gundukan makam.

Huruf Jiaguwen 宫 (gong). Huruf ini bisa dilihat sebagai sebuah rumah dengan dua ruang interior atau lebih yang ditutup dengan atap besar. Ini adalah bangunan tinggi besar yang khusus diperuntukkan bagi penguasa.

Huruf Jiaguwen 宗 (zong). Dari strukturnya, bagian atas adalah atap besar, bagian bawah adalah huruf 示, menunjukkan bangunan ini memiliki karakteristik pemujaan, sembahyang.

Huruf Jiaguwen 家 (jia). Babi gemuk dalam huruf 家 tidak dipelihara di luar rumah, tetapi berada di dalam rumah. Terlihat bahwa masyarakat pada waktu itu sangat menaruh perhatian pada memelihara babi.

Selain itu, di dalam Hanzi ada bermacam-macam radikal, seperti: 穴, 宀, 冂, 口, 户, 门, 厂, 阝, 木, 瓦, 土. Semuanya berhubungan erat dengan bangunan.

Diterjemahkan dari Chinese Language and Culture Education Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.