Bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin

Bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin

Banyak yang menganggap bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit dipelajari. Tentu kita sulit menilai apakah memang sulit secara objektif. Namun terlepas dari sulit atau tidak, sebenarnya dalam mempelajari apa pun, kuncinya adalah motivasi.

Ya, kunci pertama adalah motivasi.

Ada dua aspek dari motivasi, yaitu bagaimana memunculkan motivasi, dan bagaimana mempertahankan dan meningkatkan motivasi.
Bagaimana memunculkan motivasi bisa dijawab dengan menanyakan pertanyaan, mengapa kita perlu belajar bahasa Mandarin? Jawaban pertanyaan ini ada banyak, dan bahkan Anda bisa menambahkan jawaban-jawaban lain. Saya akan memberikan beberapa jawaban tersebut.

1. Nilai lebih

Ada begitu banyak nilai dari bahasa Mandarin. Beberapa di antaranya:

a. Nilai budaya: peradaban Tionghoa adalah salah satu peradaban tertua di dunia, dengan budaya yang diturunkan hingga kini. Khazanah yang begitu kaya ini dapat kita masuki melalui bahasa Mandarin.
b. Nilai ekonomis: dengan perkembangan ekonomi Tiongkok yang pesat belakangan ini, sudah pasti menguasai bahasa Mandarin akan sangat berguna, baik untuk berkarir secara langsung, membangun bisnis, maupun untuk memahami perkembangan ekonomi dan geopolitik yang terjadi sekarang ini.
c. Nilai sosial: dengan menguasai bahasa Mandarin, akan membuka peluang kita membangun jejaring dengan tidak hanya 1,3 milyar penduduk Tiongkok, tetapi juga orang-orang Tionghoa di luar Tiongkok yang tersebar di seluruh dunia.

2. Melanjutkan studi

Studi di Tiongkok merupakan daya tarik tersendiri karena kemajuan negara tersebut. Dengan kemampuan bahasa Mandarin yang cukup, ada kemungkinan mendapatkan beasiswa.

3. Hiburan

Budaya populer Tionghoa semakin global pengaruhnya. Perusahaan-perusahaan raksasa Tiongkok, misalnya Tencent, sekaligus merupakan produsen game yang besar. Begitu pula dengan musik dan film, di mana di era digital ini dapat kita akses dengan mudah. Dengan bahasa Mandarin, kita dapat menikmati berbagai bentuk hiburan itu dengan lebih otentik.

4. Kepuasan tersendiri

Jika bahasa Mandarin memang sulit, maka dengan menguasainya, bukankah kita akan merasakan kepuasan tersendiri? Dengan menguasai bahasa Mandarin, menunjukkan bahwa kita berhasil mengatasi kesulitan, menunjukkan kita adalah individu yang kuat dan teruji.
Dan masih banyak lagi.

Jelas bahwa tidak sulit untuk memunculkan motivasi. Yang lebih sulit dilakukan adalah aspek kedua, yaitu bagaimana mempertahankan dan meningkatkan motivasi.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memantapkan motivasi awal. Apa alasan utama kita belajar bahasa Mandarin? Ini harus jelas dan mantap dulu. Alasan itu harus benar-benar sesuatu yang kita inginkan, atau sesuatu yang sangat penting bagi kita.
Misalnya, saya belajar bahasa Mandarin agar saya dapat membangun usaha ekspor impor dengan Tiongkok. Bagi saya ini penting dan saya ingin mempunyai usaha seperti itu.

Jika langkah pertama ini sudah kita lakukan, maka berikutnya tinggal membangun konsistensi.

Konsistensi bisa dibangun lewat keteraturan.

Buatlah jadwal belajar yang teratur tiap hari, dan usahakan jadwal tersebut Anda ikuti terus. Ini kuncinya. Jadwal yang sama tiap hari akan memberikan kesan natural, menjadi sebuah kebiasaan yang alami, yang dengan sendirinya memberikan konsistensi. Sama seperti kita mandi tiap hari. Sudah menjadi hal yang natural dan kita lakukan terus.

Konsistensi bisa dipertahankan melalui rasa keberhasilan.

Dengan konsistensi yang mulai dibangun, akan diikuti oleh hasil dari proses belajar Anda setahap demi setahap. Rasa sukses tiap tahap ini sangat penting. Perasaan telah mencapai sesuatu, walaupun itu hanya menghapal satu dua huruf Hanzi, tetap merupakan sebuah pencapaian, dan kita merasa puas karenanya. Kepuasan ini kemudian mendorong konsistensi tetap terjaga.

Maka keberhasilan dan konsistensi, merupakan sebuah siklus yang berputar terus, mendorong, mempertahankan, bahkan meningkatkan motivasi.

Bagaimana? Tidak rumit bukan? Mulailah hari ini dan sampaikan pengalaman Anda di kolom komentar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.