Tips Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Lifehack memberikan beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan berbahasa kita, khususnya penguasaan kata. Tentunya tips-tips ini bisa juga diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing. Menariknya, di situ dikatakan,

Mastering the use of words is the most important skill we develop because acquiring further skills depends on our comprehension of language.

Penguasaan penggunaan kata dengan baik adalah keahlian yang sangat penting. Bahasa merupakan dasar dari semua keahlian. Bahasa merupakan medium kita menyampaikan ide secara tepat.

Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Usahakan mempunyai kamus dan thesaurus yang baik.

Kamus yang baik memungkinkan kita untuk menemukan penjelasan suatu kata dengan tepat dan lengkap. Sedangkan thesaurus memungkinkan kita mencari padanan kata atau variasi kata agar tulisan kita tidak monoton. Untuk bahasa Tionghoa, kamus yang lengkap untuk Tionghoa-Indonesia maupun Indonesia-Tionghoa dapat diperoleh di toko-toko buku. Untuk thesaurus bahasa Tionghoa, saya belum pernah menjumpai di Indonesia. Jika anda berkomitmen, mungkin anda bisa juga membuat thesaurus sendiri.

2. Membaca

Luangkan waktu untuk membaca. Carilah buku yang ditulis oleh penulis yang bermutu dan bacalah. Ini tidak hanya akan memperkaya penguasaan kata anda, namun juga memperkaya pengetahuan umum.

3. Tangkap kata-kata baru

Kadang di kala kita membaca, kita sering menjumpai kata-kata asing, dan mungkin kita malas untuk mencari artinya di kamus, sehingga kita cenderung untuk melompati kata itu. Sebaiknya kita meluangkan waktu untuk mempelajari kata itu lebih lanjut.

4. Tulis, tulis ulang, dan edit

Salah satu cara memperbaiki kualitas tulisan anda adalah dengan membaca ulang tulisan anda sembari menanyakan beberapa kalimat ini:

  • Apakah yang saya tulis sudah mengekspresikan apa yang saya maksud dengan benar?
  • Apakah tulisan saya jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca?
  • Dapatkah saya membuatnya lebih singkat dan tepat?

5. Permainan kata

Belajar sambil bermain merupakan hal yang menyenangkan. Banyak permainan kata yang bisa kita pergunakan, misalnya: teka-teki silang, atau dalam bahasa Tionghoa ada teka-teki menebak huruf, yang lebih condong ke penguasaan huruf Han.

6. Mendengar diri sendiri berbicara

Sama seperti menulis, anda bisa merekam diri anda sendiri ketika berbicara, untuk kemudian diputar kembali dan anda bisa menilai hal-hal mana yang kurang.

Foto oleh: Ivan Walsh

Leave a Reply

Your email address will not be published.