Kunci Sukses HSK Lisan (HSKK): (1) Dengarkan Instruksinya

Kunci Sukses HSK Lisan (HSKK): (1) Dengarkan Instruksinya

Kita mungkin sudah sering membaca panduan mengikuti HSK tulis. Tetapi masih jarang ada panduan untuk HSKK (HSK Lisan). HSK Lisan (HSKK) adalah ujian bahasa Mandarin yang menguji kemampuan berbicara, yang terpisah dari HSK tulis. Nilai HSKK mungkin diperlukan oleh orang yang akan melamar beasiswa (terutama Confucius Institute) untuk bersekolah di Tiongkok. Sehingga HSKK sebenarnya juga cukup penting di samping HSK. Kali ini kita akan membahas satu kunci sukses HSKK.

Dari pengamatan saya selama ujian HSKK, tidak sedikit peserta yang mengabaikan instruksi yang diberikan di dalam rekaman soal. Ingat, di dalam belajar bahasa, mendengar adalah modal untuk berbicara, sama seperti membaca adalah modal untuk menulis. Jadi meskipun ini adalah tes lisan, Anda tetap harus mendengarkan dengan cermat setiap instruksi yang diberikan!

Instruksi yang manakah itu?

Di tiga level yang ada, HSKK Chuji, Zhongji, maupun Gaoji, ada bagian soal yang meminta peserta mengulang atau menceritakan kembali apa yang mereka dengar. Ada satu hal kecil yang cukup sering luput dari perhatian peserta, yaitu adanya instruksi “Qing zai “di” sheng hou chongfu / fushu zhe ge juzi / zhe duan hua.” Yang artinya adalah, “ulangi / ceritakan kembali setelah bunyi “ding””. Nah, setelah soal dibacakan, ada jeda, sebelum bunyi “ding” itu berbunyi. Banyak peserta yang langsung menjawab sebelum bunyi “ding” tersebut. Ini tentu merugikan peserta sendiri. Selain menunjukkan bahwa dia tidak memperhatikan instruksi dengan cermat, hasil rekaman jawabannya juga akan terganggu dengan suara “ding” yang muncul ketika dia menjawab.

Jadi, mohon untuk berhati-hati dan memperhatikan instruksi baik-baik. Sekali lagi ingat, di dalam berbicara, juga diperlukan pendengaran yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.