Beberapa Kamus Penting di Tiongkok

Beberapa Kamus Penting di Tiongkok

Tiongkok kuno memiliki banyak buku referensi bagi Hanzi (karakter Han). Buku-buku ini biasanya disebut sebagai zidian (kamus).

Di zaman dulu, ilmu yang meneliti tulisan, exegesis, fonologi disebut sebagai xiaoxue (小学). Buku Si ku quan shu zong mu pada dinasti Qing mengelompokkan xiaoxue menjadi exegesis, karakter, dan fonologi. Misalnya buku er ya termasuk kelompok exegesis, buku Shuo wen jie zi termasuk buku karakter, guang yun termasuk buku fonologi. Ketiga jenis buku ini masing-masing memiliki penekanan yang berbeda. Buku exegesis terutama menjelaskan makna karakter, menjelaskan nama benda; buku fonologi terutama membedakan bunyi karakter, dan mengurutkan karakter berdasarkan bunyinya; buku karakter berbeda dengan buku exegesis dan buku fonologi, buku karakter terutama menjelaskan makna dan bunyi karakter sesuai urutan bentuk bagian karakter.

Berikut ini beberapa kamus penting.

  1. Shuo wen jie zi, merupakan karya Xu Shen di dinasti Han Timur. Seluruh buku terutama menggunakan karakter xiaozhuan, dan berdasarkan radikal yang berbeda, menganalisis struktur bentuk karakter. Layout yang digunakan tegas dan rapi. Buku ini merupakan kamus paling kuno yang berpengaruh sangat besar bagi generasi berikutnya.
  2. Yu pian, merupakan karya Gu Yewang di dinasti Liang. Radikal yang tercatat dalam buku ini lebih banyak dari Shuo wen jie zi. Cara pengurutan karakternya juga sangat berbeda. Di bawah tiap karakter tidak hanya diberikan catatan makna karakter, namun juga ilustrasi dan catatan dari orang-orang kuno, sangat detil.
  3. Lei pian, merupakan karya Sima Guang di dinasti Song. Seluruh entri buku diurutkan berdasarkan radikal. Terbagi menjadi 14 bagian. Di bawah tiap karakter diberikan fanqie (sebuah cara penulisan cara baca karakter di zaman kuno), lalu diberikan penjelasannya. Layoutnya sangat ketat.
  4. Zi hui, merupakan karya Mei Ying di dinasti Ming. Seluruh buku ditata berdasarkan goresan kaishu, mengubah 500 lebih radikal yang ada di Shuo wen jie zi menjadi 214 radikal; urutan radikal berdasarkan jumlah goresan. Kamus ini sangat populer di dinasti Ming.
  5. Zheng zi tong, merupakan karya Zhang Zilie di dinasti Ming. Seluruh buku terdiri dari 241 bagian, dengan penjelasan yang kaya.
  6. Kang Xi zidian, merupakan kamus besar gabungan dari Zi hui dan Zheng zi tong, yang disusun oleh Zhang Yushu dkk. atas perintah kaisar Kang Xi pada dinasti Qing. Seluruh buku terbagi menjadi 12 volume, 214 bagian. Di bawah tiap karakter diberikan fanqie yang detil, ditambah dengan bunyi. Di bawah makna karakter tertulis juga contoh-contoh penggunaan di buku-buku kuno. Karakter yang terdaftar sangat banyak.
  7. Zhonghua da zidian, merupakan karya Lu Feikui, Ouyang Pucun. Diterbitkan oleh Chunghwa Book Company pada tahun 1915. Seluruh buku merupakan revisi dari Kang Xi zidian, dengan jumlah revisi entri sebanyak 4000 buah, dan tambahan sebanyak 1000 lebih karakter.
  8. Xinhua zidian, merupakan karya Wei Jiangong selaku editor utama. Diterbitkan oleh People’s Education Press pada tahun 1953. Seluruh buku diurutkan berdasarkan bunyi. Terdiri dari 189 bagian. Karakter yang ada di dalamnya kira-kira sebanyak 8500 buah; dalam penjelasan maknanya tercatat juga makna perluasan, seperti makna kiasan dan makna perubahan. Ini adalah kamus kecil pertama yang diurutkan berdasarkan pinyin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.