Belajar Online Bahasa Tionghoa Lewat Coursera

Belajar Online Bahasa Tionghoa Lewat Coursera

Banyak fasilitas untuk belajar online bahasa Tionghoa sekarang ini. Salah satu favorit saya adalah Coursera. Coursera sebenarnya adalah sebuah online course yang bersifat umum, tidak spesifik bahasa Tionghoa. Pengguna bisa mendaftar di salah satu dari kurang lebih 1000 course yang tersedia oleh universitas-universitas terkemuka di dunia, dengan topik beragam, mulai dari matematika, sejarah, fisika, kimia, biologi, teknologi informasi, sastra, medis, musik dan sebagainya. Dengan mengikuti lecture bentuk video, serta mengerjakan tugas, ujian serta quiz yang ada, pengguna dapat memperoleh sertifikat kelulusan (beberapa course memberikan sertifikat resmi, dengan membayar biaya). Satu hal yang saya suka lagi adalah Coursera sudah terintegrasi dengan Linkedin, yakni kita dapat memasukkan sertifikat kelulusan kita ke dalam resume kita di Linkedin, yang tentunya akan menambah nilai resume kita.

Nah, selain course berbahasa Inggris, di Coursera kita juga bisa menemukan course dalam bahasa-bahasa lain, salah satunya bahasa Tionghoa. Dan tersedia pula course bagi pelajar pemula bahasa Tionghoa. Pengajarnya, bukan main-main, dari Peking University. Judul coursenya Chinese for Beginners. Course ini bersifat learn at your own pace, artinya ia tidak seperti course reguler, yang mengharuskan kita mengikuti jadwal yang ketat (lecture, tugas, quiz serta ujiannya).

Pengguna yang sudah mahir, mungkin bisa mencoba course-course lain di bidang sastra, filosofi dan sejarah yang menarik, seperti 中国哲学经典著作导读, The Red Chamber Dream, Ci Poetry of Su Dong Po, Classics of Chinese Humanities: Guided Readings, dan lainnya. Semuanya dari universitas-universitas terkemuka.

Jadi, tunggu apalagi, silakan coba dan belajar lebih banyak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.