Grandmaster Ye Wen

Sebuah film telah membuat banyak orang kembali mengingat nama “Ye Wen”(Ip Man). Grandmaster wushu aliran Yongchun(Wing chun) ini sempat mengajar seorang murid yang terkenal yaitu Bruce Lee.

Ye Wen(1892-1972), nama aslinya adalah Ye Jiwen, berasal dari Sangyuan di Foshan, seorang suku Ye.

Saat berumur 7 tahun, Ye Wen berguru kepada Chen Huashun, belajar ilmu bela diri Yongchun. Kemudian ia melanjutkan belajar kepada Wu Zhongsu dan putra Liang Zan, Liang Bi. Teknik wushu Ye Wen berkembang pesat. Sejak kecil ia dididik dengan ajaran Konfusianisme yang ketat, memberikan landasan budaya tradisional yang kental bagi Ye Wen. Saat ia berumur 16 tahun, ia belajar pendidikan barat di Hongkong, membuatnya mengenal pengetahuan modern, misalnya dalil mekanika, geometri dan lain-lain yang dapat menjelaskan aturan-aturan Yongchun. Dengan demikian ia mempelajari Yongchun dengan lebih dalam lagi. Akhirnya menjadi sumbangsih besar bagi wushu Tiongkok.

Asalkan sungguh-sungguh mau belajar, siapa pun akan diajar dengan sekuat tenaga oleh Ye Wen. Sesuai dengan kemampuan masing-masing murid, Ye Wen juga menerapkan metode pengajaran yang berbeda-beda, sehingga para muridnya masing-masing dapat berkembang.

Murid Ye Wen sangat banyak, namun tidak ada yang lebih terkenal daripada Li Xiaolong(Bruce Lee). Tahun 1955, Bruce Lee yang baru berumur 15 tahun mulai belajar kepada Ye Wen di Hongkong. Waktu itu Bruce Lee belajar dengan giat, sama sekali tidak pernah bolos, bahkan selalu datang lebih awal untuk berlatih, di dalam perjalanan menuju tempat berlatih pun ia berjalan sambil berlatih, sampai-sampai dianggap sebagai orang gila.

Menurut catatan resmi, di seluruh dunia ada lebih dari 2 juta orang berlatih Yongchun. Di antaranya sebagian besar karena faktor Bruce Lee. Ada orang bilang, jika Ye Wen tidak datang ke Hongkong untuk mengajar, ilmu Yongchun tidak akan pernah menjadi populer sampai ke penjuru dunia, dan Bruce Lee juga tidak akan menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Karena pencapaian yang dilakukan Ye Wen dalam mengembangkan ilmu Yongchun, maka di kalangan aliran Yongchun, Ye Wen selalu dianggap sebagai “Grandmaster”.

(Diterjemahkan dari Confucius Institute Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.