Sima Qian dan Shi Ji(Catatan Sejarah)

Penulis Shi Ji(Catatan Sejarah), Sima Qian(145 SM – ?), lahir di Shanxi. Terpengaruh oleh ayahnya, di kala muda ia mulai membaca buku-buku kuno. Saat berumur 20 tahun, ia bepergian ke berbagai tempat, mengumpulkan banyak bahan-bahan tentang orang kuno terkenal. Belakangan, ia diangkat menjadi pejabat, maka ia pun bisa sering mengikuti kaisar bepergian. Kunjungan-kunjungan ini merupakan persiapan baginya untuk kemudian dituangkan ke dalam Shi Ji.

Setelah ayahnya meninggal, Sima Qian meneruskan jabatan ayahnya menjadi sejarawan. Ia berkesempatan membaca banyak buku, membuat banyak catatan. Tahun 104 SM, Ia secara resmi mulai menulis Shi Ji. Di dalam proses penulisan ini, karena bersalah kepada kaisar, ia mendapat hukuman berat. Sima Qian sejak itu ingin bunuh diri, namun karena buku yang ia tulis belum selesai, ia pun menahan diri, menuangkan emosinya dengan menulis, akhirnya berhasil menyelesaikan Shi Ji.

Shi Ji seluruhnya ada 130 buku, sejak zaman Huang Di hingga zaman Han Wu Di, rentang waktunya kira-kira 3000 tahun. Ini adalah catatan sejarah pertama di Tiongkok, yang berisikan politik, ekonomi, budaya, militer dan lain-lain. Tulisannya padat dan umum, jelas dan deskriptif, merupakan tulisan sejarah yang bernilai, juga merupakan karya sastra yang menonjol.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.