Tips Pemakaian Internet untuk Belajar Bahasa Tionghoa

Makeuseof memberikan beberapa tips untuk belajar bahasa asing dengan memanfaatkan media yang tidak asing lagi, yakni internet. Artikelnya bisa dibaca di sini.

Di sana dikatakan pentingnya submersion(membuat diri berada dalam lingkungan bahasa yang kita pelajari) di dalam mempelajari bahasa asing. Hal ini memang benar, saat kita berada di Indonesia belajar bahasa Tionghoa, pada umumnya tidak mengalami kemajuan secepat bila kita belajar di Tiongkok. Namun artikel ini membahas, kita bisa menciptakan lingkungan bahasa asing itu sendiri, khususnya melalui internet.

Tips pertama yaitu mengubah tampilan bahasa situs yang paling sering kita jelajahi. Di situ dicontohkan Amazon. Jika kita biasa mengakses www.amazon.com, maka sebaiknya mulai dibiasakan mengakses www.amazon.cn. Demikian pula dengan ebay, kita bisa mengakses ebay.cn. Memang kedua situs ini mungkin hanya sering diakses oleh mereka yang berbelanja lewat internet, namun paling tidak kita bisa membandingkan antara situs bahasa Inggrisnya dengan situs bahasa Tionghoanya, dan dari sana kita bisa belajar kata-kata atau ekspresi sederhana.

Jika kita sering mengakses Google, maka juga bisa mengakses google.cn. Atau jika kita suka bermain Facebook, ada baiknya jika kita mengubah tampilan bahasa Facebook menjadi bahasa Tionghoa lewat pilihan setting bahasa yang sudah disediakan di sana.

Makeuseof juga punya artikel tentang situs-situs yang mungkin berguna bagi kita yang belajar bahasa asing. Jika anda punya waktu luang, tidak ada salahnya menjelajahi situs-situs itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.