Belajar Bahasa Tionghoa dengan Mnemonic, Memrise

Belajar Bahasa Tionghoa dengan Mnemonic, Memrise

Bagi para pelajar pemula, situs hackingchinese mungkin bermanfaat bagi Anda. Situs ini memberikan informasi tentang cara belajar bahasa Tionghoa. Selama ini yang sering kita lakukan adalah terlalu fokus kepada isi bahasa tersebut, dan mungkin cara belajar kita kurang efektif. Bagi kita yang tidak tinggal di negara Tiongkok, dan sehingga tidak berada dalam lingkungan bahasa tersebut, maka kita pasti akan mengalami kesulitan dalam hal menghafalkan kata-kata, terutama tulisan Hanzi. Apabila selama ini kita menggunakan cara rote learning dalam menghapalkan Hanzi, mungkin cara ini sudah harus kita tinggalkan. Rote learning mungkin berguna bagi pelajar usia muda (anak-anak), karena mereka memiliki daya serap dan daya belajar bahasa yang sangat tinggi. Namun bagi pelajar dewasa pemula, cara ini mungkin tidak terlalu efektif. Nah, situs hackingchinese menawarkan solusi lain, salah satunya dengan menggunakan mnemonic dalam menghapalkan karakter.

Otak kita lebih mudah mengingat sesuatu apabila kita mengasosiasikan hal lain dengan apa yang hendak kita ingat tersebut. Eksperimen membuktikan bahwa seseorang lebih ingat terhadap orang bernama Baker yang merupakan seorang baker (pembuat roti), daripada si Baker tanpa informasi pekerjaan. Terlihat paradoks memang, bahwa kita justru lebih ingat dengan cara mengingat lebih banyak (nama Baker dan pekerjaannya sebagai baker). Hal ini berlaku pula untuk menghapalkan Hanzi. Cobalah untuk mengasosiasikan makna atau gambar tertentu terhadap Hanzi yang akan Anda hapalkan. Hanzi-hanzi yang bersifat piktograf secara alami akan mudah diingat dengan cara seperti ini karena naturnya yang berupa gambar. Namun hanzi yang bersifat fono-semantik, memerlukan kreatifitas lebih dari kita untuk menciptakan mnemonic yang sesuai.

Aplikasi memrise merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda belajar dengan cara ini. Anda dapat menggunakan memrise lewat web browser, maupun lewat aplikasi ponsel (iOS maupun Android). Silakan dicoba. Aplikasi ini gratis dengan fitur terbatas, namun sudah cukup bagi proses belajar secara dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.