Peradaban Perunggu yang Brilian

Pembuatan barang-barang perunggu di masa dinasti Shang sangatlah maju. Simuwu ding(kaldron persegi Simuwu) yang dibuat di akhir dinasti Shang, adalah barang perunggu terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Selain itu ada pula sebuah bejana anggur yang berukirkan empat kambing, desain bentuknya sangatlah unik, menunjukkan seni yang begitu tinggi, merupakan contoh barang perunggu berharga di dinasti Shang.

Di masa pra-Qin, perunggu juga digunakan untuk membuat alat musik. Di masa Chunqiu dan Zhanguo, musik “Zhong gu zhi yue”(semacam musik yang menggunakan seperangkat lonceng dan perkusi sebagai alat musik utamanya) menjadi sangat populer. Tahun 1978 di Suizhou, Hubei, di makam Marquis Yi dari Zeng, ditemukan banyak barang bersejarah, yang paling berharga adalah seperangkat lonceng. Lonceng ini seluruhnya ada 64 buah, menurut ukuran serta frekuensi nada terbagi menjadi 8 kelompok, digantungkan pada tiga susun rak yang terbuat dari kayu dan perunggu. Seperangkat lonceng ini memiliki ketepatan nada yang baik, warna suara yang indah, jangkauan nada yang luas. Meski sudah tertimbun dalam tanah selama 2000 tahun lebih, hari ini seperangkat lonceng ini masih bisa dimainkan.

Kaldron Persegi Simuwu

Kaldron ini dibuat di akhir dinasti Shang, ditemukan di Anyang, Henan. Bagian perutnya berbentuk persegi panjang, bagian dalam perut bertuliskan tiga huruf “Simuwu”. Tingginya 1,33 m; panjang 1,1 m; lebar 0,78 m; beratnya 832,84 kg. Kaldron ini merupakan barang perunggu terbesar yang pernah ditemukan.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.