Tujuh Negara Perkasa Zhanguo

Di masa Chunqiu, peperangan yang terjadi berkali-kali menyebabkan jumlah negara bagian berkurang secara drastis. Sampai di masa Zhanguo, tujuh negara dengan kekuatan paling besar adalah Qi, Chu, Yan, Han, Zhao, Wei, Qin. Tujuh negara ini disebut “Zhanguo Qi Xiong”(Tujuh Negara Perkasa Zhanguo). Pada awal masa Zhanguo, negara Han, Zhao, Wei membentuk aliansi. Mereka mengalahkan negara-negara besar seperti Qi, Qin, Chu, sehingga menjadi negara yang cukup kuat. Belakangan, aliansi ini pecah. Negara Qi dan Qin perlahan menjadi kuat. Di pertengahan masa Zhanguo, tentara negara Wei menyerang negara Zhao, negara Zhao meminta bantuan kepada negara Qi. Di dalam negara Wei sendiri menjadi kosong. Maka ahli militer besar Sun Bin, memimpin tentara negara Qi langsung menyerang ibukota negara Wei. Tentara Wei yang awalnya sudah berhasil menghancurkan ibukota negara Zhao, setelah mendengar negara sendiri dalam keadaan bahaya, dengan panik mereka mundur dari negara Zhao untuk kembali ke Wei. Baru saja berjalan setengah perjalanan, mereka bertemu dengan kepungan tentara negara Qi, sehingga mereka terpukul kalah. Ini adalah peristiwa yang terkenal dalam sejarah perang di Tiongkok–“Mengepung Wei Menolong Zhao”.

Dua tahun kemudian negara Wei menyerang negara Han. Tentara Qi di bawah pimpinan Sun Bin mengepung Wei untuk menolong Han. Tentara Qi berpura-pura mundur. Hari pertama mereka meninggalkan kompor untuk memasak makanan tentara dengan jumlah cukup bagi 100000 orang tentara. Hari kedua, kompor yang ditinggalkan menjadi cukup untuk 50000 orang. Hari ketiga 30000 orang. Pasukan Wei melihat jumlah kompor ini lalu memperkirakan bahwa tentara Qi banyak yang kabur, maka memerintahkan pasukan terkuatnya, cepat mengejar tentara Qi. Sesampainya di Maling(saat ini berada di propinsi Henan), mereka balik terkepung oleh tentara Qi, dan terpukul kalah. Ini adalah “Peperangan Maling” yang terkenal. Dua kali perang ini membuat negara Qi berhasil menduduki wilayah tengah negara Wei.

Di akhir masa Zhanguo, negara Qin makin lama makin kuat, 6 negara lainnya tidak mampu sendirian melawan negara Qin, sehingga mereka membentuk aliansi, bersama melawan Qin. Negara Qin demi mengalahkan 6 negara lainnya,  melakukan provokasi untuk memecah aliansi mereka, membuat mereka dekat dengan negara Qin. Masing-masing negara demi keuntungan pribadi, di masa yang penting ini sering kali malah tidak dapat menyatukan visi, akhirnya memberikan kesempatan kepada negara Qin. Negara Qin berhasil mengalahkan negara lain satu persatu, memusnahkan dinasti Zhou, dan mempersatukan Tiongkok.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.