Fitur Baru Google Translate: Tampilan Ejaan untuk Hanzi

Hari ini seperti biasanya saya memanfaatkan bantuan Google Translate untuk menerjemahkan posting blog saya. Eh, ternyata sekarang tampilan Google Translate sudah diperbaharui. Dan ada fitur-fitur baru. Contohnya: kita tidak usah lagi meng-klik tombol Translate untuk menerjemahkan, cukup mengetikkan tulisan yang mau diterjemahkan, langsung akan keluar terjemahannya.

Dan ada satu fitur lagi yang sangat bagus, dulu kalau saya mau menerjemahkan sesuatu ke bahasa Tionghoa, kadang dengan Google Translate saja tidak cukup, karena tidak ada fasilitas menampilkan ejaannya/cara baca/pinyin. Jadi biasanya saya mesti ke kamus online lain, seperti nciku. Sayangnya nciku sangat lambat untuk diakses, apalagi yang internetnya masih lambat seperti punya saya. Maka saya senang sekali karena Google Translate sekarang sudah menyediakan juga tampilan pinyin untuk setiap hasil terjemahan ke bahasa Tionghoa, dengan meng-klik tombol Show Romanization yang disediakan.

Tambahan lagi: fitur tampilan ejaan ini tidak hanya berlaku untuk bahasa Tionghoa saja, tapi juga untuk bahasa lain yang tidak memakai huruf Latin seperti bahasa Jepang, Korea, Thai, Hindi dan lain-lain.

Tips: Jika anda hendak langsung mencari ejaan suatu kata dalam bahasa Tionghoa(bukan melalui proses dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Tionghoa), maka untuk memunculkan ejaan kata bahasa Tionghoa yang anda cari, pilihlah Translate from: Chinese, dan Translate to: Chinese(Simplified atau Traditional, terserah anda).

Leave a Reply

Your email address will not be published.