Mitos Kuno Tiongkok

Mitos kuno Tiongkok kebanyakan merupakan karya dari masyarakat pekerja mula-mula. Kisah-kisah itu diturunkan dari mulut ke mulut dalam jangka waktu yang panjang, sampai saat diciptakannya tulisan, barulah kisah-kisah itu dicatat.

Mitos kuno Tiongkok melalui imajinasi yang kaya dengan keajaiban, merefleksikan kehidupan sejarah masyarakat kuno yang kaya makna. Mitos-mitos itu di antaranya: “Pangu menciptakan langit dan bumi”, “Nüwa menciptakan manusia”, “Nüwa menambal langit” yang menjelaskan asal mula dunia; “Houyi memanah matahari”, “Kuafu mengejar matahari”, “Jingwei mengisi laut” yang merefleksikan pergulatan manusia dengan alam; “Shennong mencoba obat”, “Gun Yu menangkal banjir” yang memuja semangat pengabdian.

“Nüwa menambal langit” menceritakan, di zaman dulu, langit tiba-tiba roboh separuh, menimbulkan lubang yang sangat besar. Bumi banjir dengan hebatnya, binatang-binatang buas mengamuk, manusia menghadapi bencana yang amat besar. Pada saat itulah, ibu dari kaum manusia, Nüwa, maju mengeluarkan lima batu pusaka untuk menambal langit, menyelamatkan manusia.

Gun Yu menangkal banjir” menceritakan Gun dan Yu, ayah dan anak, dua generasi mencoba menangkal banjir. Di zaman kuno, banjir memenuhi bumi, Gun mencuri benda pusaka “bunga tanah” dari raja langit, yaitu semacam tanah yang bisa tumbuh sendiri, untuk digunakan membendung banjir. Setelah ketahuan oleh raja langit, ia pun dihukum mati. Tiga tahun kemudian, Yu melompat keluar dari dalam perut Gun, mewarisi proyek ayahnya itu, menangkal banjir. Delapan tahun kemudian, Yu tiga kali melewati pintu rumah tapi tidak mampir, akhirnya berhasil membuat aliran-aliran sungai, membuat banjir itu mengalir ke laut.

Mitos-mitos yang hidup ini, tidak hanya mencerminkan harapan masyarakat kuno mengenali gejala alam serta mengatasi bencana alam, tapi juga mengungkapkan semangat besar dari leluhur bangsa Tionghoa yang tidak takut susah, berani dan ulet bergulat dengan bencana alam.

Mitos kuno Tiongkok menyebar luas di antara rakyat. Kisah-kisah itu memberikan semangat dan inspirasi, mendorong rakyat mewujudkan impian ajaib dalam kisah itu. Mitos kuno memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan sastra Tiongkok. Belakangan, banyak penulis terkenal menyerap intisari dari mitos kuno tersebut, lalu menciptakan karya-karya sastra yang indah dan inspiratif.

(Diterjemahkan dari Overseas Chinese Language and Culture Education Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.