Sungai Kuning

Sungai Kuning

Sungai Kuning berasal dari kaki Pegunungan Yagradagze di Wilayah Bayakala di propinsi Qinghai, melewati sembilan propinsi dan wilayah otonom Qinghai, Sichuan, Gansu, Ningxia, Mongolia Dalam, Shanxi, Shaanxi, Henan dan Shandong, dan mengalir menuju Laut Bohai. Panjang seluruhnya lebih dari 5400 km dan merupakan sungai terpanjang kedua di Tiongkok. Dilihat di peta, Sungai Kuning berbentuk huruf “几” (ji).

Ada banyak ngarai di wilayah hulunya, seperti Ngarai Naga dan Domba, Ngarai Keluarga Liu dan Ngarai Perunggu. Wilayah-wilayah itu memiliki sumber daya air yang besar dan pembangkit-pembangkit listrik tenaga air berskala-besar telah dibangun di sana.

Wilayah tengahnya mengalir melalui Dataran Loess, di wilayah ini tanahnya mengalami erosi yang serius. Bagian sungai di sini mengandung pasir dalam jumlah besar, membentuk “sungai lumpur” yang kuat.

Wilayah muara Sungai Kuning meliputi Dataran Tiongkok Utara, aliran sungainya melebar, melambat dan lumpur serta pasir terendapkan dan membentuk “sungai menggantung”, dimana dasar sungai lebih tinggi dari dataran di sekelilingnya.

(Diterjemahkan dari Chinese Language and Culture Education Online)

Photo credit: cherrylet / Visual hunt / CC BY-NC-SA

Leave a Reply

Your email address will not be published.