Teh Tiongkok

Teh Tiongkok

Orang Tionghoa suka minum teh, dan seringkali menjamu sahabat dan tamu dengan teh. Daun teh adalah salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat Tiongkok.

Tumbuhan teh berasal dari Tiongkok, meskipun pada zaman purba, teh pertama kali digunakan sebagai tanaman obat, kira-kira 2000 tahun yang lalu. Belakangan, mereka secara bertahap mempelajari bagaimana menumbuhkan tanaman teh dan menggunakan daunnya untuk membuat berbagai jenis teh.

Menurut metode pembuatannya, teh Tiongkok dapat diklasifikasikan menjadi teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh wangi, teh tuo (daun teh yang dikompres hingga berbentuk mangkuk), dan teh bata, masing-masing terdiri dari banyak jenis.

Teh hijau tidak melalui proses fermentasi. Teh hijau yang terkenal meliputi teh Longjing dari wilayah Danau Barat (Xihu) di Hangzhou, teh Biluochun dari Jiangsu, teh Maofeng dari Pegunungan Huangshan di propinsi Anhui, dan teh Liu’an Guapian dari Liu’an di propinsi Anhui.

Teh hitam terfermentasi, dan warnanya merah tua. Teh hitam Tiongkok yang terkenal adalah teh keemun dari Anhui, dan teh hitam Dian (teh hitam Yunnan) dari propinsi Yunnan.

Teh Oolong terfermentasi separuh, daun tehnya longgar dan tebal, dan warna tehnya kuning keemasan. Teh oolong terbaik adalah bohea yang diproduksi di Pegunungan Wuyi di propinsi Fujian.

Teh wangi khas Tiongkok, terbuat dari pengasapan daun teh dengan bunga wangi. Yang paling terkenal adalah teh melati yang diproduksi di propinsi Fujian.

Teh Tuo (daun teh yang dikompres berbentuk mangkuk), diproduksi di Yunnan dan Sichuan. Daunnya dipadatkan menyerupai bakpao bulat.

Teh bata berbentuk seperti batu bata, dan digemari di kalangan etnis Mongol dan Tibet.

Minum teh dapat melenyapkan dahaga, menghilangkan lelah, membantu pencernaan dan mencegah beberapa jenis penyakit. Minum teh dalam jangka waktu panjang cukup berguna bagi kesehatan manusia.

(Diterjemahkan dari Chinese Language and Culture Education Online)

Photo credit: picdrops / Visualhunt / CC BY

Leave a Reply

Your email address will not be published.